Menjelang pemilihan umum, para caleg sibuk mencari strategi, bagaimana mengkomunikasi ide dan gagasan secara efektif kepada publik. Dalam istilah lain, bagaimana cara berkampanye yang efektif untuk era kekinian? Yang paling parah, banyak yang para caleg masih menggunakan strategi konvensional, bayangkan betapa banyak spanduk dan baliho tertempel di dinding-dinding sudut kota, juga jalanan dan pohon-pohon di jalan raya, semua memberikan gambaran para caleg benar-benar masih menggunakan cara konvensional.
Tentu, efektifitasnya untuk media kampanye saat ini bisa diuji. Uji pertama tentu dari sisi biaya. Produksi spanduk tentu membutuhkan biaya yang tidak kecil. Biaya ini menjadi pertimbangan yang paling pokok dan utama. Tentu para caleg akan memilih menggunakan cara yang paling efisien, agar popularitasnya segera meningkat. Namun apakah benar, dengan metode konvensional tersebut masih cukup efektif? Untuk mendapatkan jawaban lengkapnya, bahan ini perlu dikaji lebih lanjut.